Halaman

Rabu, 01 Desember 2010

Hadits - hadits Mengenai Cincin Nabi Shallahu 'alaihi wa salam



1. أن رجلا أتى النبي صلى الله عليه وسلم وفي يده خاتم من ذهب فأعرض النبي صلى الله عليه وسلم عنه فلما رأى الرجل كراهيته ذهب فألقى الخاتم وأخذ خاتما من حديد فلبسه وأتى النبي صلى الله عليه وسلم قال هذا شر هذا حلية أهل النار فرجع فطرحه ولبس خاتما من ورق فسكت عنه النبي صلى الله عليه وسلم

"Bahwasanya seorang laki-laki mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan ditangannya terdapat cincin emas, lalu Nabi berpaling darinya. Tatkala laki-laki itu melihat ketidaksukaan Nabi, maka ia pergi dan melemparkan cincinnya (emasnya tersebut) dan mengambil cincin besi kemudian memakainya. Kemudian Saya datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, maka Nabi bersabda, 'Ini buruk. Ini adalah perhiasan penduduk neraka.' Kemudian dia kembali dan membuangnya, lalu memakai cincin dari perak lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam diam.

Shahih Adabul Mufrad hadits no.779. Adabuz-Zafaf {217). [An-Nasa’i, 48- Kitab Az-Zinah, 50- Bab Labsu Khaatami tnin Shufrin].

  أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم بسبع ونهانا عن سبع أمرنا بعيادة المريض واتباع الجنائز وتشميت العاطس وابرار المقسم ونصر المظلوم وإفشاء السلام وإجابة الداعي ونهانا عن خواتيم الذهب وعن آنية الفضة وعن المياثر والقسية والإستبرق والديباج والحرير

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan kepada kami dengan tujuh hal dan melarang kami dengan tujuh hal. Beliau telah memerintahkan kepada kami untuk menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, menjawab orang bersin, berbuat baik dengan pembagian, menolong orang yang dizhalimi, menyebarkan salam, dan menghadiri undangan. Beliau melarang kami untuk memakai cincin emas, memakai bejana perak, memakai mayatsir, memakai baju bercampur sutra (qasisiyah), memakai istabraq (kain sutra tebal), memakai Dibaj, dan memakai sutra."

di dalam kitab Al Irwa (685). [Bukhari, 23- Kitab ]anaiz, 2- Bab Al Amru bit-Tiba'il ]anaiz. Muslim, 37- Kitab Al Libasu waz-Zinah, hadits 3].

Dari Urwah Ibn Abdullah Al Qusyairi ,dia berkata ,Mu’awiyah bin Qurrah menyampaikan kepadaku dari bapaknya ,dia berkata “Aku datang kepada Rasulullah bersama beberapa orang dari Muzainah .Lalu kami membai’atnya sementara kancing baju beliau terlepas .Maka aku memasukkan tanganku di leher bajunya dan meraba tanda kenabian (Al Khatim,Asyu Syu’ya 42:13).’Urwah berkata ,Aku tidak pernah sekalipun melihat Mu’awiyah dan anak – anaknya pada musim dingin dan musim panas kecuali keduanya tidak menggunakan kancing bajunya.

Shahih Taghrib wat Tarhib I/45(9) ,Mukhtasar Asy Syamail 46-47

4.Menceritakan kepada kami Yahya Ibn Yahya At Tamimi ,dikabarkan kepada kami dari Abu Khaitsamah  dari Asy’ats Ibn Abi Syu’tsa’ .Diberitakan kepada kami dari Ahmad Ibn Abdullah Ibn Yunus.Diberitakan kepada kami dari Zahir .Diberitakan kepada kami dari Asy’ats .Diberitakan kepada kami dari Mu’awiyah Ibn Sawid Ibn Maqrun .Dia berkata :Kami menemui Al Barra’ Ibn ‘Azib dan kami mendengar dia berkata :”Rasulullah memerintahkan kami terhadap tujuh hal dan memerintahkan tujuh hal .(salah satunya beliau berkata) .

ونهانا عن خواتيم، أو عن تختم بالذهب


Dan melarang kami mengenakan cincin yang terbuat dari emas.


Shahih Muslim 37/2 hadits no.3 .

5. Di dalam Bab yang sama disebutkan juga hadits dari jalur Syu’bah bahwa dikatakan pula :

وقال: نهانا عن خاتم الذهب أو حلقة الذهب.

Dan dikatakan :’kami dilarang menggunakan cincin emas atau mengumpulkan emas.”



6.
وعن أبي سعيد رضي الله عنه أن رجلا قدم من نجران إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وعليه خاتم من ذهب فأعرض عنه رسول الله صلى الله عليه وسلم وقال إنك جئتني وفي يدك جمرة من نار

Dan dari Abi Sa’id Radhiyallahu’anhu dia berkata :”Seorang tua dari Najran menadatangi Nabi Shallahu ‘alaihi wa salam dan pada orang itu ada cincin terbuat dari emas dan beliaupun berpaling serta berkata :”Engkau mendatangiku sedangkan di tanganmu ada batu dari neraka.”

Shahih Taghrib wat Tarhib II/ no. 2061 .

7. Berkata kepada kami Yusuf dari ayahnya dari Abi Hanifah dari Al Haitsami sesungguhnya ‘Abdurrahman Ibn ‘Auf dan Barra’ Ibn ‘Azib radhiyallahu’anhum bahwa mereka :
 يلبسان خاتمين من ذهب في نص احدهما صورة لبوتين

 Memakai dua cincin dari emas untuk menuliskan surat .

Kitabul Atsar Abi Yusuf ,Bab fi Labus Al Harir wa Adz Dzahab no.1028

8.Diceritakan kepada kami dari ‘Ali Ibn Hamsyadz ,diceritakan kepada kami dari ‘Ubaidillah Ibn Abdul Wahid diceritakan kepada kami dari Ya’qub Ibn Ka’ab Al Anthaki diceritakan kepada kami dari Yahya Ibn Mutawakkil Al Bashari dari Ibn Juraij dari Az Zahiri dan dia berkata :

 أن رسول الله صلى الله عليه وسلم لبس خاتما نقشه محمد رسول الله فكان إذا دخل الخلاء وضعه هذا حديث صحيح على شرط الشيخين ولم يخرجا إنما خرجا حديث نقش الخاتم فقط

Sesungguhnya Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Salam mengenakan cincin yang tertulis padanya Muhammad Rasulullah ketika ada tamu datang.Hadits Shahih menurut syarat Syaikhan dan beliau berdua tidak mengeluarkan hadits selain sampai kata “menggunakan cincin”.

Al Mustadrak No.671



9. أخبرني محمد بن عبد الله بن قريش حدثنا الحسن بن سفيان حدثنا أبو ثور حدثنا إبراهيم بن خالد الصنعاني حدثنا عبد الله بن مصعب بن ثابت عن أبي حازم عن سهل بن سعد رضى الله تعالى عنه قال
زوج رسول الله صلى الله عليه وسلم رجلا امرأة بخاتم من حديد فصه فضة هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه

Dikabarkan kepada kami dari Muhammad Ibn Abdullah Quraisy ,dikabarkan kepada kami dari Sufyan ,dikabarkan kepada kami Abi Tsaur ,diceritakan kepada kami dari Ibrahim Al HadidAl Khalid Ash Shan’ani ,diceritakan kepada kami dari ‘Abdullah Ibn Mush’ab Ibn Tsabit dari Abi Hazm dari Sahl dari Sa’id radhiyallahu’anhu dia berkata :”Rasulullah menikahkan seorang pria dengan seorang wanita dengan mahar cincin yang terbuat dari besi.” Hadits Shahih Isnadnya tapi tidak dikeluarkan oleh Syaikhan.

Al Mustadrak hadits No. 2733

10.
أخبرني إبراهيم بن محمد بن حاتم الزاهد ثنا الفضل بن محمد الشعراني ثنا إبراهيم بن حمزة ثنا عبد العزيز بن محمد عن حرام بن عثمان عن أبي عتيق وابن جابر عن جابر أن ثعلبة بن عنمة وفد على رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو جالس فسلم وفي إصبعه خاتم من ذهب فلم يرد عليه ثم سلم عليه فلم يرد عليه فقيل يا رسول الله يسلم عليك ثعلبة ثلاث مرات فلم ترد عليه فقال النبي صلى الله عليه وسلم أو لا تراه ينضح وجهي بجمرة من نار في يده فرمى ثعلبة بالخاتم

Diceritakan kepadaku dari Ibrahim ibn Muhammad ibn Hatim Az Zahid ,diceritakan dari Al Fadhl Ibn Muhammad Asy Sya’rani ,diceritakan dari Ibrahim Ibn Hamzah ,diceritakan dari Abul Aziz Ibn Muhammad dari Haram Ibn ‘Utsman dari Abi ‘Atiq dan Ibn Jabir dari Jabir :”Sesungguhnya Tsa’labah Ibn An ‘amah mendatangi Rasulullah Shallahu’alaihi wa Salam dan beliau sedang duduk ,maka ketika diucapkan salam sedangkan Tsa’labah menggunakan cincin terbuat dari emas ,maka ketika itu Rasulullah tidak menjawab salamnya sekalipun diucapkannya salam itu beberapa kali ,maka ditanyakan :’Ya Rasulullah Tsa’labah telah mengucapkan salam kepadamu tiga kali tapi engkau tidak menjawabnya .’Lalu Rasulullah mengatakan:’Apakah aku akan membiarkan wajahku dikenai api neraka sedangkan pada tangan Tsa’labah terdapat lemparannya berupa sebuah cincin.”

Al Mustadrak nomor 5012.

11. َوَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ اَلسَّاعِدِيِّ - رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ : ( جَاءَتِ امْرَأَةٌ إِلَى رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَتْ : يَا رَسُولَ اَللَّهِ ! جِئْتُ أَهَبُ لَكَ نَفْسِي , فَنَظَرَ إِلَيْهَا رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَصَعَّدَ اَلنَّظَرَ فِيهَا , وَصَوَّبَهُ , ثُمَّ طَأْطَأَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم رَأْسَهُ , فَلَمَّا رَأَتْ اَلْمَرْأَةُ أَنَّهُ لَمْ يَقْضِ فِيهَا شَيْئًا جَلَسَتْ , فَقَامَ رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِهِ. فَقَالَ : يَا رَسُولَ اَللَّهِ ! إِنْ لَمْ يَكُنْ لَكَ بِهَا حَاجَةٌ فَزَوِّجْنِيهَا. قَالَ : فَهَلْ عِنْدكَ مِنْ شَيْءٍ ? فَقَالَ : لَا , وَاَللَّهِ يَا رَسُولَ اَللَّهِ. فَقَالَ : اِذْهَبْ إِلَى أَهْلِكَ , فَانْظُرْ هَلْ تَجِدُ شَيْئًا ? فَذَهَبَ , ثُمَّ رَجَعَ ? فَقَالَ : لَا , وَاَللَّهِ يَا رَسُولَ اَللَّهِ، مَا وَجَدْتُ شَيْئًا. فَقَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم انْظُرْ وَلَوْ خَاتَمًا مِنْ حَدِيدٍ، فَذَهَبَ، ثُمَّ رَجَعَ. فَقَالَ : لَا وَاَللَّهِ , يَا رَسُولَ اَللَّهِ , وَلَا خَاتَمًا مِنْ حَدِيدٍ , وَلَكِنْ هَذَا إِزَارِي - قَالَ سَهْلٌ : مَالُهُ رِدَاءٌ - فَلَهَا نِصْفُهُ. فَقَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَا تَصْنَعُ بِإِزَارِكَ ? إِنْ لَبِسْتَهُ لَمْ يَكُنْ عَلَيْهَا مِنْهُ شَيْءٌ، وَإِنْ لَبِسَتْهُ لَمْ يَكُنْ عَلَيْكَ شَيْءٌ فَجَلَسَ اَلرَّجُلُ , وَحَتَّى إِذَا طَالَ مَجْلِسُهُ قَامَ ; فَرَآهُ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم مُوَلِّيًا , فَأَمَرَ بِهِ , فَدُعِيَ لَهُ , فَلَمَّا جَاءَ. قَالَ : مَاذَا مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ ? قَالَ : مَعِي سُورَةُ كَذَا , وَسُورَةُ كَذَا , عَدَّدَهَا فَقَالَ : تَقْرَؤُهُنَّ عَنْ ظَهْرِ قَلْبِكَ ? قَالَ : نَعَمْ , قَالَ : اِذْهَبْ , فَقَدَ مَلَّكْتُكَهَا بِمَا مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ , وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ وَفِي رِوَايَةٍ لَهُ : ( اِنْطَلِقْ , فَقَدْ زَوَّجْتُكَهَا , فَعَلِّمْهَا مِنَ الْقُرْآنِ ) وَفِي رِوَايَةٍ لِلْبُخَارِيِّ : ( أَمْكَنَّاكَهَا بِمَا مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ )
Sahal Ibnu Sa'ad al-Sa'idy Radliyallaahu 'anhu berkata: Ada seorang wanita menemui Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dan berkata: Wahai Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, aku datang untuk menghibahkan diriku pada baginda. Lalu Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memandangnya ia dengan penuh perhatian, kemudian beliau menganggukkan kepalanya. Ketika perempuan itu mengerti bahwa beliau tidak menghendakinya sama sekali, ia duduk. Berdirilah seorang shahabat dan berkata: "Wahai Rasulullah, jika baginda tidak menginginkannya, nikahkanlah aku dengannya. Beliau bersabda: "Apakah engkau mempunyai sesuatu?" Dia menjawab: Demi Allah tidak, wahai Rasulullah. Beliau bersabda: "Pergilah ke keluargamu, lalu lihatlah, apakah engkau mempunyai sesuatu." Ia pergi, kemudian kembali dam berkata: Demi Allah, tidak, aku tidak mempunyai sesuatu. Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Carilah, walaupun hanya sebuah cincin dari besi." Ia pergi, kemudian kembali lagi dan berkata: Demi Allah tidak ada, wahai Rasulullah, walaupun hanya sebuah cincin dari besi, tetapi ini kainku -Sahal berkata: Ia mempunyai selendang -yang setengah untuknya (perempuan itu). Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Apa yang engkau akan lakukan dengan kainmu? Jika engkau memakainya, Ia tidak kebagian apa-apa dari kain itu dan jika ia memakainya, engkau tidak kebagian apa-apa." Lalu orang itu duduk. Setelah duduk lama, ia berdiri. Ketika Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melihatnya berpaling, beliau memerintah untuk memanggilnya. Setelah ia datang, beliau bertanya: "Apakah engkau mempunyai hafalan Qur'an?" Ia menjawab: Aku hafal surat ini dan itu. Beliau bertanya: "Apakah engkau menghafalnya di luar kepala?" Ia menjawab: Ya. Beliau bersabda: "Pergilah, aku telah berikan wanita itu padamu dengan hafalan Qur'an yang engkau miliki." Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut Muslim. Dalam suatu riwayat: Beliau bersabda padanya: "berangkatlah, aku telah nikahkan ia denganmu dan ajarilah ia al-Qur'an." Menurut riwayat Bukhari: "Aku serahkan kepadamu dengan (maskawin) al-Qur'an yang telah engkau hafal."
Bulughul Maram No. 1005
12. َوَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ - رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ : ( زَوَّجَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم رَجُلاً اِمْرَأَةً بِخَاتَمٍ مِنْ حَدِيدٍ )  أَخْرَجَهُ اَلْحَاكِمُ وَهُوَ طَرَفٌ مِنَ الْحَدِيثِ اَلطَّوِيلِ اَلْمُتَقَدِّمِ فِي أَوَائِلِ اَلنِّكَاحِ وَعَنْ عَلَيٍّ رضي الله عنه قَالَ : ( لَا يَكُونُ اَلْمَهْرُ أَقَلَّ مِنْ عَشَرَةِ دَرَاهِمَ ) أَخْرَجَهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ مَوْقُوفًا , وَفِي سَنَدِهِ مَقَالٌ
Sahal Ibnu Saad Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah mengawinkan seorang laki-laki dengan seorang perempuan dengan maskawin sebuah cincin dari besi. Riwayat Hakim. Ini merupakan potongan dari hadits panjang yang sudah lewat di permulaan bab nikah. Ali Radliyallaahu 'anhu berkata: Maskawin itu tidak boleh kurang dari sepuluh dirham. Hadits mauquf riwayat Daruquthni dan sanadnya masih diperbincangkan.
Bulughul Maram Nomor 1063.


Hadits – Hadits Dha’if Menggunakan Cincin

1. تختموا بالعقيق فإنه مبارك (موضوع)
Pakailah  dengan batu akik karena batu akik itu diberkati. (Palsu)
Silsilah Hadits Adh Dha’ifah wal Maudhu’ah 227-230 ,233.
Hadits – hadits mengenai penggunaan batu khusus seperti aqiq atau pun rubin dan beranggapan terhadap keutamaannya merupakan tindakan penyembah berhala dan hadits ini merupakan buatan sekte Karamathiyah yang dikenal dengan beragam tindakan yang melawan kitabullah dan Sunnah dan bahwa mereka tidak memberikan pengangungan dan beranggapan terhadap kekuatan ruhaniyah yang terdapat pada batu itu.Kemungkinan pula hadits ini berasal dari beberapa kelompok penyembah berhala yang dikenal dengan Mazhab Barmakiyah tapi sebagian berpendapat hadits ini muncul begitu saja .
Tapi jika kita melihat bahwa nama yang dituduhkan oleh beberapa ulama yaitu Abu Bakar Ibn Syu’aib yamg dituduh oleh Al Jauzi dan Adz Dzahabi sebagai pendusta yang melakukan pemalsuan sanad Imam Malik sebenarnya membuktikan bahwa sebagai pemalsu hadits dia dianggap tidak berhak untuk diambil periwayatannya .Sekalipun begitu banyak hadits yang dipalsukan dari jalur Fatimah radhiyallahu’anhu berkaitan hadits ‘barangsiapa menggunakan batu aqiq akan bahagia.’dan hadits ini palsu (Al La’ali II/271)
Menurut pendapat Ibn Hibban tidak diperbolehkan menggunakan riwayatnya sebagaimana hukum yang telah kami tetapkan .(Al Majruhin minal Muhadditsin nomor 1270)
Selain itu pada hadits berikutnya dalam kitab yang sama terdapat nama Salam Ibn Salaim yang merupakan salah satu orang yang terdapat dalam al Ha’liyah VIII/281 .Nama ini dikenal sebagai pemalsu hadits .Menurut sebagian kalangan muhadditsin Ibn Hibban dan Jauzi menuduhnya sebagai pendusta .Lihat al I’lal II/167.
2. كان نقش خاتم سليمان لاإله إلا الله محمد رسول الله (موضوع)
Ukiran yang ada pada cincin Nabi Sulaiman bertuliskan 'laa ilaaha illallah Muhammad Rasulullah'."(Hadits Palsu)
Hadits ini diriwayatkan dari al-Uqaili dalam kitab adh-Dht'afa (him. f85), Ibnu Adi (I/198), Tammam ar'!.azt (I/ lll), dan Ibnu Asakir (l/288), dengur sanad dari Svaikh bin Abi Khalid al Bashri, dari Hammad bin Salamah, dari Arn-r bin Dinar, dari Jabir r.a
Kemudian al-Uqaili dalam mengetengahkan biografi Syaikh bin Abi Khalid mengatakan, "Semua -vang diriwayatkannya adalah hadits-hadits munkar tidak ada sumbernva, kecuali hanya darinya. "

3. تخرج الدابة ومعها عصى موسى عليه السلام وخاتم سليمان عليه السلام فتخطم الكافر بالخاتم وتجلو وجه المؤمن بالعصا حتى إن أهل الخوان ليجتمعون على خوان فيقول هذا يا مؤمن ويقول هذا ياكافر . ( منكر ) _
"Akan keluar seekor binatang dengan membawa tongkat Nabi Musa dan cincin Nabi Sulaiman as.. Orang-orang kafir akan dibinasakan dengan cincin, sedangkan wajah orang mukmin akan dihilangkan kesedihannya dengan tongkat. Bahkan, hingga tukang makan akan saling bertemu di hadapan hidangan dan berkata, 'Wahai mukmin, wahai kafir.' (Mungkar)
Silsilah Hadits Adh Dha’ifah wal Maudhu’ah III/1088
Hadits ini menyelisihi seluruh pendapat masyur para ulama mengenai dabbah yang merupakan binatang scara simbolisme (Tafsir Yusuf Ali) dari organisasi konspirasi Yahudi sedangkan hadits seperti ini juga berasal dari mereka.
Dengan demikian telah jelas bahwa hadits ini palsu dan tidak boleh dijadikan sebagai argument untuk mengatakan bahwa dabbah bisa berbicara sebagai simbolisme.Seluruh riwayat sedemikian kebanyakan dha’if dan maudhu’ serta riwayatnya ‘an ‘anah .Pendapat bahwa kalangan sufi sering menyebutkan hadits ini merupakan bukti kebodohan mereka mengenai ilmu tafsir dan ketiadaan kemampuan iqtiqad mereka .Imam Thahawi bahkan bisa dikatakan sama sekali tidak menyinggung bahwa dia bisa berbicara sebagai simbol dan mengusapkan dengan cincin .(‘Aqidah Thahawiyah halaman 12)



4. من حول خاتمه أوعمامته أو علق خيطا في أصبعه ليذكره حاجته فقد أشرك بالله عز وجل إن الله هو يذكر الحاجات (موضوع)
Barangsiapa memindahkan cincin atau sorbannya, atau menggantungkan benang pada jarinya untuk mengingatkan keperluannya, maka berarti ia telah berbuat syirik kepada Allah Azza wa Jalla. Sesungguhnya Allah-lah Pengingat segala keperluan. [palsu]

Hadits ini juga dapat dikatakan palsu .Lihat Al Maudhu’a dan juga Kitabut Tauhid Muhammad Ibn Abdul Wahab tidak ada yang menyinggungnya.

Silsilah Adh Dha’ifah wal Maudhu’ah I/267

5. كان فص خاتم سليمان بن داود سماويا فألقي إليه فأخذه فوضعه في خاتمه وكان نقشه أنا الله لاإله إلا أنا محمد عبدي ورسولي (موضوع)
"Permata yang menempel pada cincin Nabi Sulaiman itu dari langit, Allah telah memberikan kepadanya dan ia tempatkan pada cincinya. Dan ukiran yang ada bertuliskan 'Akulah Allah. yang tiada tuhan selain Aku. dan Muhammad adalah hamba dan Rasul-Ku. "(Palsu)
Hadits maudhu’ dari riwayat Ath Thabrani dan Ibn Asakir dari jalur Mukhallad Ar Ru’ani dan Humaid Ibn Muhammad Al Himsyi ,Khallad Ibn Al Mundzir ,Khalid Ibn Mi’dan dan Ubadah Ibn Shamit radhiyallahu’anhu.Ibn ‘Adi menuduh Ar Ru’ani sebagai periwayat hadits mungkar sedangkan .Sedangkan Humaid Al Himshi dianggap oleh Syaikh Al Albani majhul li ‘ainih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar